Sabtu, 11 April 2015

Keutamaan Salat di Shaf Pertama



FADILAH AMAL

Sudahkah kita berusaha keras untuk mendapatkan shaf pertama ketika mengerjakan shalat berjamaah di masjid? Sungguh besar keutamaan orang yang selalau berusaha datang lebih awal sebelum imam shalat tiba dan berdiri untuk mempimpin shalat, demi untuk bisa mendapatkan shaf shalat di bagian depan.
Rasulullah Muhammad SAW, mengatakan bahwa orang-orang yang berada di shaf pertama dalam shalat akan mendapat shalawat para malaikat. 

Adapun dalil yang menunjukkan bahwa para Malaikat bershalawat kepada orang-orang yang ada pada shaff pertama ketika shalat adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Imam Ibnu Hibban dalam kitab Shahiihnya, beliau meriwayatkannya dari al-Barra’ Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaff pertama.

Al-Mulla ‘Ali al-Qari ketika menjelaskan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sesungguhnya Allah dan para Mala-ikat-Nya bershalawat,” beliau berkata: “Hal tersebut dengan turunnya kasih sayang Allah, do’a agar pertolongan Allah selalu untuknya dan permohonan lainnya yang dilakukan oleh para Malaikat untuknya.”

Selain keutamaan akan mendapatkan doa dari para malaikan, terdapat riwayat lain yang mengungkapkan keutamaan orang-orang yang berada pada shaf pertama ketika shalat, di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh al-Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Kalau seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang ada pada panggilan (azan) dan shaf pertama kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan undian maka pasti mereka akan mengundinya. Dan kalaulah mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan karena bersegera menuju shalat maka mereka pasti akan berlomba-lomba (untuk menghadirinya). Dan kalaulah seandainya mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan dengan mengerjakan shalat isya dan subuh, maka  pasti mereka akan mendatanginya meskipun harus dengan merangkak.” (HR. Al-Bukhari no. 69 dan Muslim no. 437)

Semoga Allah menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang selalu berada pada shaf pertama dengan keutamaan-Nya. Kabulkanlah ya Allah, yaa Hayyu yaa Qayyuum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar